Kebudayaan Non Benda, Ketahui Arti dan Contohnya!

Kebudayaan, menjadi hal yang tidak kunjung selesai bagi suatu negara, karena berkaitam dengan identitas suatu bangsa. Dan kebudayaan sendiri, ada yang berupa benda maupun non benda. Untuk Indonesia, juga mempunyai kebudayaan ini, salah satunya non benda.

Kali ini, kita akan membahas tentang kebudayaan non benda, yang mana juga cukup berpengaruh bagi eksistensi suatu negara, entah dalam hal budaya, ekonomi, maupun sosial, semua salin bersahutan. Tingkah laku, menjadi salah satu hal yang berkaitan dengan kebudayaan non benda.

Arti Kebudayaan Non Benda

Kebudayaan non benda adalah, tingkah laku yang berkaitan dengan sikap, kebiasaan, budaya kerja, belajar, tidur, adat istiadat, dan bertani. Kebudayaan ini, menghasilkan produk dalam bentuk non benda, dengan sifat abstrak (non material), tidak memiliki wujud nyata (tidak dapat diraba), dan sebagainya.

Budaya non benda hanya dirasakan, tidak bisa disentuh. Budaya tak benda ini, diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Contoh dari budaya non benda cukup banyak, dan masih bisa dipahami. Bisa kita rasakan dengan seksama.

Contoh Kebudayaan Non-Benda

Berikut ini, adalah contoh kebudayaan non benda:

1. Tarian

Tarian, menjadi bagian penting dalam pergerakan tubuh, menggunakan konsep ritmis yang menjadi ungkapan atau ekspresi jiwa. Tarian, hanya bisa dilihat dan dinikmati keindahannya dalam setiap gerakan. Tarian, berasal dari berbagai daerah yang ada.

2. Musik

Musik, adalah budaya non benda, yang tidak memiliki wujud nyata, dengan sifat yang abstrak. Bisa didengar lewat telinga, dan dirasakan kemerduannya, keindahan dari isi dan alunan lagu. Kita, bisa mendengarnya melalui internet, CD, kaset, dan lain sebagainya.

3. Kisah Legenda

Kisah legenda, diwariskan secara turun-temurun, didengar dari satu orang ke orang lainnya secara lisan. Biasanya, kisah legenda dianggap belum tentu benar, dan diangkat dalam bentuk visual, kemudian ditampilkan dalam panggung teater.

Artikel Terkait  Fungsi Vakuola: Kenali Lebih Dalam, pada Tumbuhan

4. Puisi, Sajak, dan Pantun

Puisi, sajak, dan pantun, adalah bentuk karya sastra yang disampaikan secara lisan, maupun tulisan. Kebudayaan non benda ini, memiliki makna yang mendalam, karena bagi pendengar, makna karya sastra ini sungguh beragam, tergantung tema yang diambil.

5. Tradisi atau Adat Istiadat

Tradisi atau adat istiadat, merupakan kebiasaan masyarakat sejak lama dan turun-temurun (diwariskan). Contohnya, bisa kamu lihat dalam tradisi karapan sapi di wilayah Madura, tradisi idul adha di Madura, dan lain sebagainya.

6. Kepercayaan

Nah, kepercayaan juga masuk ke dalam non benda. Dimana keyakinan seseorang terhadap suatu hal, hanya dirasakan dan tidak memiliki wujud. Di Indonesia, masih berkembang kepercayaan masyarakat, seperti tradisi Kejawen, Sunda Wiwitan, dan lain sebagainya.

Kebudayaan Non Benda Lebih Dalam

Kebudayaan non benda, lebih mengacu pada semua karya cipta perorangan atau masyarakat, dengan bentuk abstrak, diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan ini, mengacu pada hasil karya bersifat abstrak.

Contohnya, bisa kita lihat dalam cerita rakyat yang disampaikan melalui dongeng, lagu-lagu, dan tari tradisional. Contoh lain dari kebudayaan non benda adalah adanya bahasa, pantun, nyanyian rakyat, dan lain sebagainya.

Dari UNESCO, kebudayaan non benda adalah praktik, representasi, serta pengetahuan yang dikelompokkan sebagai warisan budaya. Kebudayaan non benda menjadi pengetahuan, keterampilan, suatu masyarakat. Kebudayaan ini, adalah produk karsa yang abstrak dan tak bisa dipegang.

Jadi itulah kebudayaan non benda, semoga bermanfaat. Untuk wujud kebudayaan secara umum, ada nilai-nilai budaya, sistem budaya, sistem sosial, dan kebudayaan fisik. Semangat!

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar