Solusi Implementasi UMKM Go Digital Redcomm Digital Agency Jakarta

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) memiliki peranan krusial dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. UKM dan UMKM tidak hanya menyumbang pada Produk Domestik Bruto (PDB) namun juga menciptakan lapangan kerja yang signifikan. Di Indonesia, UMKM mempekerjakan lebih dari setengah tenaga kerja dan memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap PDB negara. Namun, tantangan besar muncul ketika UMKM harus beradaptasi dengan era digital.

Seiring dengan perkembangan teknologi, UMKM perlu bertransformasi menuju digitalisasi untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang semakin ketat. Meskipun beberapa UMKM telah beralih ke digitalisasi, sebagian besar masih menghadapi berbagai tantangan yang menghambat proses ini.

Solusi dan Manfaat Digitalisasi bagi UMKM

alasan menggunakan Digital Agency Jakarta

Pada dasarnya digitalisasi bisnis akan membantu sektor UMKM dalam mengefektifkan dan mengefisiensi bisnis mereka. Dengan penggunaan teknologi digital mereka akan mendapatkan beberapa manfaat berikut.

Meningkatkan Penjualan

Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran dan menjangkau pelanggan yang lebih luas, sehingga meningkatkan penjualan. UMKM juga dapat menghadirkan beragam promo yang akan menarik minat dengan bekal aset digital yang mereka miliki.

Peningkatan Efektivitas Operasional

Melalui teknologi digital, UMKM dapat mengadopsi alat dan perangkat lunak yang mempermudah operasional bisnis, seperti tools CRM untuk manajemen penjualan dan hubungan pelanggan. Ada banyak sekali tools yang diciptakan untuk skala bisnis kecil seperti UMKM dan tersedia di pasaran. Baik yang gratis maupun berbayar.

Perluasan Pasar

Digitalisasi memungkinkan UMKM menjangkau pasar baru di luar wilayah geografis mereka, mengarah pada pertumbuhan bisnis yang lebih besar. Tidak hanya menjangkau ke seluruh nusantara tetapi UMKM Go Digital ini mampu menghadirkan peluang untuk mendapatkan pasar ekspor.

Penurunan Biaya Operasional

jasa digital agency Indonesia terpercaya untuk UMKM

Strategi pemasaran online lebih hemat biaya daripada metode tradisional, mengurangi beban biaya operasional UMKM. Biaya sewa lapak dapat digantikan dengan penggunaan marketplace maupun media sosial yang lebih murah, proses administrasi pun semakin mudah berkat penggunaan data realtime yang memudahkan mereka menentukan strategi bisnis.

Artikel Terkait  Perbedaan Bukit dan Perbukitan

Untuk memastikan biaya digital lebih efektif, pelaku UMKM dapat menggandeng Digital Agency Jakarta untuk mendapatkan insight yang lebih efisien dalam operasional bisnis mereka.

Tantangan Implementasi UMKM Go Digital

Meskipun demikian, nyatanya banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM dan UMKM untuk benar-benar bisa go digital.

  1. Pemasaran Produk: Sebanyak 70,2% pemilik UMKM mengalami kendala dalam pemasaran produk. Keterbatasan sumber daya keuangan menjadi kendala dalam membangun brand image yang kuat dan melakukan kegiatan pemasaran.
  2. Akses Pemodalan: Kurangnya akses permodalan (51,2%) menghambat perkembangan UMKM. Banyak UMKM belum menerima pinjaman karena rendahnya literasi keuangan peminjam dan tantangan yang dihadapi oleh lembaga keuangan.
  3. Pemenuhan Bahan Baku: Sebanyak 46,3% pemilik UMKM kesulitan dalam pemenuhan atau persediaan bahan baku. Ini dapat menghambat produksi dan memengaruhi kualitas produk.
  4. Adopsi Digital: Sekitar 30,9% UMKM menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi digital. Hal ini melibatkan masalah infrastruktur digital yang andal, kurangnya keterampilan digital, serta kurangnya akses sumber keuangan untuk investasi dalam teknologi.

jasa digital agency di Indonesia untuk UMKM

Pada umumnya hal krusial yang membuat kegagalan implementasi UMKM Go Digital adalah karena tidak adanya staff yang mampu menjalankan berbagai campaign digital, dan memang tidak ada person yang khusus menangani implementasi tersebut. Pelaku UMKM sendiri cenderung lebih sibuk untuk menjalankan operasional bisnisnya.

Padahal, mereka bisa saja menggunakan jasa digital agency Jakarta, maupun jika mereka berada di kota lain, bisa menggunakan layanan agensi digital di Indonesia untuk membantu progress go digital tersebut.

Peran Redcomm, Digital Agency Jakarta dalam Mendukung UMKM

Platform digital, termasuk marketplace dan media sosial, memiliki peran penting dalam mendukung UMKM bertransformasi ke dunia digital. Melalui platform ini, UMKM dapat memanfaatkan data dan analitik untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Artikel Terkait  Layanan Bengkel 24 Jam Selama Mudik Lebaran

Terapkan Integrated Digital Marketing

Redcomm, sebagai pioner digital agency Indonesia, dapat membantu UMKM mengatasi tantangan dalam adopsi digital. Dengan menggunakan pendekatan 360º Integrated Digital Marketing, agensi digital di Jakarta ini membantu UMKM merancang kampanye digital yang efektif dengan menggabungkan strategi berbasis data dengan kreativitas yang kontekstual budaya.

Apa saja layanan Redcomm?

Sebagai digital agency Indonesia terpercaya, Redcomm memiliki cakupan layanan jasa digital yang cukup luas meliputi social media activation, content creation, digital media planning, dan analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas. Tim ahli dari Redcomm akan membantu UMKM mengatasi kendala infrastruktur digital, kurangnya keterampilan digital, dan tantangan akses sumber keuangan melalui strategi yang inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Alasan Memilih Layanan Digital Agency Jakarta Redcomm

Redcomm jasa digital agency Jakarta

Tak hanya itu saja, tentunya adalah alasan mengapa merekomendasikan Redcomm untuk urusan digital marketing UMKM.  Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut terbukti memiliki pengalaman berharga dalam proses implementasi teknologi digital. Redcomm telah membantu lebih dari 500+ merek, meraih banyak penghargaan lokal dan global, serta mencapai 99% dari KPI bisnis bersama klien-klien mereka baik dari skala UMKM hingga big company.

Dalam era digital yang terus berkembang, UMKM perlu memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi untuk memperluas bisnis mereka. Dengan dukungan dari platform digital dan jasa digital agency Jakarta seperti Redcomm, UMKM dapat menghadapi tantangan digitalisasi dan mengambil langkah-langkah menuju kesuksesan dalam ekosistem digital yang semakin kompetitif.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


15 pemikiran pada “Solusi Implementasi UMKM Go Digital Redcomm Digital Agency Jakarta”

  1. Di era serba digital saat ini, semua sektor harus mau menyesuaikan diri jika ingin tetap survive termasuk UMKM. Lihat aja sekarang orang jualan tidak di pasar melainkan di tiktok, maka dari itu para pelaku UMKM harus go digital.

    Balas
  2. umkm go digital, sudah jadi keharusan (fardhu ain), tanpa mengikuti trend yang berkembang maka bisa dipastikan umkm tersebut tidak beranjak kemana-mana. pemasaran produk terbatas, produk tidak populer. Cuma sayangnya, saat ini umkm indonesia banyak yang gaptek, inilah menjadi masalahnya.

    Balas

Tinggalkan komentar