Perbedaan Face Wash dan Face Cleanser, Lebih Pilih Mana?

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar, tentunya memerlukan perawatan kulit yang tepat. Untuk mendukung upaya tersebut, banyak orang yang menggunakan produk perawatan wajah seperti face wash dan face cleanser. Meskipun kedua produk tersebut sama-sama berfungsi untuk membersihkan wajah, namun sebenarnya terdapat perbedaan face wash dan face cleanser.

Baik face wash maupun face cleanser, tentunya memiliki kandungan dan fungsi masing-masing. Agar tidak salah memilih kedua produk kecantikan tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja perbedaan keduanya.

Dengan mengetahui perbedaanya, tentunya akan sangat membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Sehingga kulit Anda bisa menjadi sehat dan bersinar.

Perbedaan face wash dan face cleanser

Simak perbedaan face wash dan face cleanser berikut ini

Pengertian

Face wash adalah produk pembersih wajah yang umumnya berbentuk gel, busa, atau krim, dan mengandung bahan aktif pembersih. Produk face wash bertujuan untuk membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup dari permukaan kulit.

Face cleanser atau pembersih wajah adalah produk pembersih yang lebih ringan dan lembut daripada face wash. Face cleanser biasanya tidak menghasilkan banyak busa dan lebih diformulasikan untuk membersihkan kulit tanpa mengeringkannya.

Kandungan surfaktan

Biasanya, face wash mengandung bahan surfaktan yang membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit. Selain mengandung surfaktan beberapa face wash juga mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau asam glikolat yang membantu membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat.

Produk face cleanser umumnya tidak mengandung surfaktan yang kuat, sehingga cocok untuk kulit yang cenderung kering, sensitif, atau reaktif.

Kelebihan

Kelebihan dari face wash adalah kemampuannya membersihkan kulit secara mendalam dari kotoran dan minyak berlebih. Produk ini cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat karena dapat membantu mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori. Selain itu, face wash tersedia dalam berbagai formulasi untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif atau kering.

Artikel Terkait  Ciri dan Harga Tas Dompet Wanita Fossil Original

Sedangkan kelebihan face cleanser adalah kemampuannya membersihkan kulit dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami kulit. Produk ini sangat cocok untuk kulit kering, sensitif, atau berjerawat yang memerlukan pembersihan yang lebih lembut. Selain itu, face cleanser bisa digunakan secara rutin tanpa menyebabkan iritasi atau kering pada kulit.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, baik face wash maupun face cleanser juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari face wash adalah apabila menggunakannya terlalu sering atau jika produknya mengandung bahan keras dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Penggunaan face wash tidak disarankan untuk kulit kering atau sensitif, karena beberapa formula dapat menghilangkan minyak alami kulit.

Sementara itu, kekurangan dari face cleanser adalah tidak mampu membersihkan kulit secara mendalam seperti face wash, terutama untuk kulit yang berminyak atau terkena polusi berat. Beberapa face cleanser mungkin tidak cocok untuk menghapus sisa-sisa makeup yang lebih kuat.

Itulah beberapa perbedaan antara face wash dan face cleanser yang sebaiknya Anda ketahui. Untuk memilih antara face wash dan face cleanser, sebenarnya tergantung pada jenis kulit Anda dan kebutuhan perawatan wajah Anda. 

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, face wash mungkin menjadi pilihan yang lebih baik karena membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori. Namun, jika Anda memiliki kulit kering, sensitif, atau cenderung mengalami iritasi, face cleanser akan lebih cocok karena memberikan pembersihan yang lebih lembut dan tidak akan menghilangkan minyak alami kulit. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar