Perbedaan Jenis Daging Steak

Jika kalian penyuka steak ataupun ingin mengadakan pesta barbeque bersama keluarga tercinta, tentu harus dong beli daging steak terlebih dahulu. Masalahnya, tidak semua orang paham perbedaan jenis-jenis daging steak mana yang lebih cocok dengan selera masing-masing. 

Tidak semua bagian daging sapi cocok digunakan untuk steak, jadi jika berpikir saat kalian mendapatkan potongan daging sapi saat Hari Raya Idul Adha, mungkin jenis daging yang kalian dapatkan tidak seenak yang biasa kalian nikmati dalam citarasa steak.

Apa yang Membedakan Daging Steak dengan Jenis Daging Lain

Ciri khas utama daging steak memiliki marbling yang kaya, yaitu lemak intramuskuler yang tersebar merata di dalam serat daging, dan tekstur yang lebih padat dan konsisten saat digigit.

Jenis daging untuk masakan lain, tergantung pada bagaimana mereka disiapkan dan dimasak, mungkin memiliki tekstur yang lebih bervariasi. Misalnya, daging cincang untuk hamburger atau potongan daging panggang, juga dikenal sebagai roast, biasanya memiliki marbling yang lebih sedikit daripada steak.

Jenis Daging Steak

Steak biasanya dibuat dari bagian sapi tertentu, seperti Sirloin, Rib Eye, atau Tenderloin, yang dipotong menjadi potongan tebal dan dimasak langsung. Berikut ini jenis daging steak yang cocok untuk kalian gunakan

Tenderloin

Bagian daging sapi yang paling empuk adalah tenderloin, yang berasal dari bagian tengah badan sapi. Memiliki lemak, sehingga halus dan mudah dikunyah.Tenderloin sangat cocok untuk dimasak dengan tingkat kematangan rare, medium rare, atau medium. Selain itu, rasanya lebih ringan daripada jenis daging lainnya.

Sirloin

Daging sapi yang berasal dari bagian pinggul sapi ini sedikit lebih keras daripada tenderloin, tetapi masih empuk. Sirloin memiliki rasa yang lebih gurih karena memiliki lebih banyak lemak daripada tenderloin.Tingkat kematangan medium rare, medium, atau medium well sesuai untuk jenis daging ini.

Artikel Terkait  Perbedaan Izin Edar BPOM dan SPP IRT

Ribeye

Ribeye berasal dari bagian iga sapi yang lebih berlemak daripada tenderloin dan sirloin, sehingga memiliki rasa yang lebih kuat dan juicy. Ribeye disarankan dimasak dalam tingkat kematangan medium rare, medium, atau medium well.

T-Bone

T-bone adalah pilihan yang bagus jika kalian ingin kombinasi yang ideal. Potongan daging sapi yang terdiri dari sirloin dan tenderloin memiliki dua rasa dan tekstur yang berbeda. Pecinta daging yang ingin mencoba dua jenis daging sekaligus lebih disarankan memilih jenis daging satu ini.T Bone dapat diolah dengan tingkat kematangan medium rare, medium, atau medium well

Wagyu

Daging sapi Jepang, terutama wagyu, terkenal dengan teksturnya yang empuk dan rasanya yang berlemak. Memiliki marbling yang tinggi, yang berarti banyak lemak di dalam daging.Wagyu dianggap salah satu jenis steak terbaik di dunia.Kalian bebas ingin memasak dengan tingkat kematangan medium, rare, atau rare.

Warna merah gelap yang khas dari daging Wagyu disebabkan oleh banyaknya mioglobin dalam daging, yang menunjukkan tingkat kelezatan yang tinggi.

Tips Memilih Daging Steak Berkualitas

perbedaan jenis daging steak

Beberapa saran penting dapat membantu kalian memilih daging steak yang ideal. Untuk memulai, pastikan untuk memilih daging dengan warna merah yang cerah dan tekstur yang kenyal. Warna merah yang cerah menunjukkan kualitas daging yang baik dan kelezatan. 

Berwarna pucat atau tekstur lembek juga merupakan tanda daging yang tidak segar atau kualitas rendah. Ketiga, perhatikan tingkat marbling daging. Tingkat marbling yang lebih tinggi menunjukkan bahwa ada lebih banyak lemak intramuskuler yang akan meleleh saat dimasak, memberikan rasa yang lebih gurih dan lembut. Terakhir, pilih daging dengan ketebalan yang sesuai dengan selera yang kita inginkan

Artikel Terkait  Banyak Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Matcha dan Green Tea

Mengapa Memilih Membeli Daging Steak di Holycow?

Jika kalian ingin mengolah daging steak kalian sendiri, Holycow menawarkan pengalaman kuliner yang istimewa dengan menggunakan daging sapi pilihan dari peternakan terpercaya di Australia dan Amerika. 

Daging sapi ini telah menjalani proses pengolahan dengan standar yang tinggi, dan tentunya telah terjamin dengan sertifikasi halal guna memastikan keamanan, kualitas dan kesegarannya yang optimal. Tim ahli Holycow, yang berpengalaman dalam memilih dan mengolah daging sapi, memastikan bahwa setiap potongan daging steak yang disajikan memenuhi standar kualitas yang ketat. 

Dari tenderloin yang lembut hingga ribeye yang gurih, serta pilihan wagyu yang mewah, Holycow menyediakan berbagai jenis steak yang dapat dipilih sesuai dengan selera Anda. Selain daging steak, Holycow juga menawarkan berbagai potongan daging sapi lainnya, seperti brisket, short ribs, dan chuck roast, untuk memuaskan berbagai selera penggemar daging. 

Berbagai pilihan saus steak, seperti saus mushroom, saus lada hitam, dan saus barbeque, tersedia untuk menambahkan cita rasa yang lebih dalam pada santapan Anda. Selain itu, Holycow menyediakan berbagai pelengkap steak, termasuk kentang goreng yang renyah, mashed potato yang lembut, serta pilihan salad dan sayuran panggang, untuk melengkapi pengalaman menyantap steak yang sempurna.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar