Kenali Perbedaan Menabung dan Investasi! Cek Perbedaannya di Sini

Agar uang yang kita miliki tidak cepat habis, biasanya kita akan menabung atau melakukan investasi dengan uang tersebut. Selain itu apabila kita memiliki tabungan atau investasi, ketika membutuhkan uang karena keperluan mendesak bisa menggunakan uang tabungan atau hasil dari investasi tersebut.

Menabung dan investasi sendiri memiliki perbedaan masing-masing. Untuk lebih mengetahui perbedaan antara menabung dan investasi, simak informasi terkait perbedaan menabung dan investasi berikut ini.

Perbedaan Menabung dan Investasi

Dilihat dari beberapa sisi, menabung dan investasi memiliki perbedaan sebagai berikut:

1. Pengertian

Dari segi pengertian, menabung merupakan menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek yang bisa dicairkan atau diambil kapan pun, sedangkan investasi merupakan proses mengembangkan uang dengan tujuan jangka panjang.

2. Imbalan

Dalam investasi kamu bisa mendapatkan imbal hasil produk yang dibeli. Sedangkan, menabung kamu tidak mendapatkan imbalan karena sifatnya hanya menyimpan dana untuk keperluan darurat.

3. Tujuan

Menabung digunakan sebagai alokasi dana cadangan untuk berjaga-jaga dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi investasi bertujuan untuk meraih keuntungan di masa mendatang.

4. Bentuk dan jenis

menabung uang biasanya disimpan melalui bank maupun koperasi terpercaya ke dalam bentuk uang tabungan atau deposito. Sementara investasi menawarkan beberapa macam atau jenis yang dibedakan berdasarkan instrumennya (investasi ke dalam bentuk aset riil serta investasi berupa keuangan dari produk pasar modal) dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Jenis menabung (tabungan)

– Konvensional

– Berjangka

– Haji

– Tabungan anak

– Tabungan giro

Jenis investasi

– Deposito

– Investasi emas

– Investasi properti

– Saham

– Investasi reksa dana

– Investasi peer to peer lending

5. Akses simpanan

Dana tabungan bisa diakses kapanpun dan di manapun. Lain halnya dengan akses simpanan investasi, saat kamu berinvestasi, maka dana yang diinvestasikan tidak dapat diambil sesuka hati.

Artikel Terkait  Pengertian Financial Planning

6. Bunga dan risiko

Dibandingkan dengan menabung, bunga dari investasi lebih besar. Akan tetapi menabung memiliki risiko yang jelas lebih kecil dari risiko investasi. Karena menabung melalui bank memiliki sistem keamanan terbaik dan teruji. Sementara investasi memiliki risiko yang jauh lebih tinggi. Hal ini karena kamu bisa saja kehilangan uang satu waktu yang disebabkan oleh alasan tertentu.

7. Kelebihan dan kelemahan

Kelebihan Dari Menabung

– Praktis

– Memudahkan bertransaksi

– Dapat kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari bank

– Aman dan terjamin

Kelebihan Dari Investasi

– Mendapatkan imbalan hasil

– Financial freedom

– Ada penghasilan tambahan

– Mudah untuk menyiapkan dana pensiunan

Kelemahan menabung

– Uang tabungan tidak memiliki pertumbuhan yang signifikan, karena hanya dari bunga dengan jumlah tidak terlalu besar.

Kelemahan investasi

– Risiko investasi lebih besar dari menabung. Di mana, dana yang kamu investasikan bisa saja hilang karena emiten tempat kamu tanamkan modal mengalami kebangkrutan.

Itulah perbedaan antara menabung dan juga investasi. Baik menabung maupun investasi pada dasarnya sama-sama baik dalam alokasi uang yang kamu miliki. Namun untuk menentukan mau menabung atau investasi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Investasi merupakan cara terbaik untuk melindungi kekayaan yang kamu miliki sekaligus meningkatkan jumlahnya. Namun sebelum mulai berinvestasi, kamu harus menentukan tujuan dari investasi itu sendiri dan memahami profil risiko dari investasi tersebut. Karena investasi memiliki risiko yang lebih tinggi daripada menabung.

Hal tersebut tentu harus menjadi salah satu pertimbangan jika ingin melakukan investasi. Carilah informasi dari orang yang berpengalaman sebelum melakukan investasi untuk meminimalisir risiko dalam berinvestasi. Sehingga uang yang kamu miliki bisa meningkat jumlahnya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar