Perbedaan Layanan Jalur Mudik Lebaran dan Natal

Indonesia mempunyai ragam suku, budaya dan agama yang tersebar, sehingga tak heran jika banyak perayaan yang terjadi setiap tahunnya. Entah itu hari raya Idul Fitri atau momen saat natal tiba. Biasanya saat natal atau lebaran tiba, maka banyak yang libur dari pekerjaan atau sekolah untuk pulang kampung.

Nah, libur sekolah dan juga pekerjaan ini kadang dijadikan momen untuk mudik bagi sebagian besar masyarakat. Setidaknya merayakan natal atau lebaran bersama keluarga menjadi hal yang ditunggu. Di situlah nantinya ada banyak kedamaian dan kasih sayang yang tercurah untuk satu sama lain.

Awal Mula Sebutan Mudik di Indonesia

Dimulai pada tahun 1970, sebutan mudik sudah banyak digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pada masa itu Ibukota Jakarta mengalami perkembangan yang pesat sehingga banyak terjadi perpindahan penduduk dari desa ke kota yang akhirnya menjadikan kota tersebut penuh sesak.

Mudik memang identik dengan kepulangan saat hari besar, misalnya seperti natal atau lebaran. Kemudian untuk transportasi yang digunakan sendiri sangat beragam, ada yang memanfaatkan kendaraan umum atau memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor bagi mereka yang memilikinya.

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Saat mudik, kamu tidak bisa melakukannya begitu saja dan harus ada banyak persiapan yang dilakukan demi menjaga kelancaran perjalanan. Contohnya dari segi biaya yang mesti dikeluarkan, semua harus dihitung dengan benar agar tidak terjadi kekurangan saat berada di kampung halaman atau saat akan kembali ke kota lagi.

Sejak jauh-jauh hari kamu harus benar-benar menabung dan menghitung anggaran yang akan digunakan untuk biaya transportasi, makan, dan lain-lain. Selain itu, selalu persiapkan dana darurat untuk jaga-jaga apabila nantinya budget mudik ternyata tidak mencukupi atau terjadi hal tak diinginkan di perjalanan misal ada yang sakit atau apapun.

Artikel Terkait  Semakin Meresahkan Masyarakat, Kenali Ciri-ciri Pinjol Ilegal Berikut

Hal yang Penting Diperhatikan saat Mudik

Mudik saat hari besar seperti natal, hari raya Idul Fitri, Idul Adha bahkan tahun baru memang jadi sebuah tradisi yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Menjelang hari libur tersebut tentu ada banyak imbauan yang dilakukan oleh pemerintah terutama dalam menjaga keselamatan dan keamanan di perjalanan.

Sebisa mungkin tubuh harus dalam kondisi yang fit dan benar-benar sehat sebelum melakukan perjalanan. Sebab, kadang di beberapa titik jalur mudik justru mengalami kemacetan yang sangat parah. Semuanya harus berkoordinasi dengan baik antara aparat keamanan dan juga masyarakat agar tetap tertib serta lancar.

Perbedaan Layanan Mudik dan Kesiagaan Pusat Kesehatan

Tak hanya dari segi jalur mudik dan keamanan saja yang menjadi perhatian penting. Namun, dari sisi kesehatan juga pemerintah selalu mengimbau agar pusat kesehatan baik itu rumah sakit dan lain-lain untuk tetap siaga saat menghadapi arus mudik dan arus balik setiap libur hari besar tiba.

Dari segi transportasi dan lainnya tak ada perbedaan antara mudik lebaran, natal, atau bahkan tahun baru. Hampir semua masyarakat menggunakan transportasi darat, laut atau udara yang sudah disediakan. Namun, kebanyakan pemudik memang lebih sering memakai transportasi darat yang kadang lebih murah daripada laut atau udara.

Itu sekilas penjelasan mengenai informasi mudik yang sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Entah hari besar apapun kebanyakan dari mereka akan menyempatkan untuk pulang dan melepas kerinduan dengan keluarga besar. Mudik menjadi sangat berharga terutama apabila sudah bertahun-tahun tidak bertemu keluarga.

 

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar