Perbedaan Margarin dan Mentega

Hayooo….siapa di sini emak-emak yang suka oprek di dapur nih? Sebagian besar para wanita masih salah kaprah dan galau bedain mana yang merica dan mana ketumbar, tapi sekarang gak perlu risau dan khawatir karena era sekarang semua serba mudah dan ga perlu salah masukin bumbu lagi ketika jadi chef di dapur.

Para ibu dan juga temen-teman yang hobby memasak dan memanggang,ketika akan menyiapkan sarapan roti tawar misalnya, acap kali yang bikin galau lagi ketika kita susah bedain antara Margarin dengan Mentega karena dua-duanya ini memiliki kesamaan yakni sama-sama berwarna kuning

Ini lho Perbedaan Margarin dan Mentega

Eits jangan salah kaprah ya karena memang yang kelihatan mirip dan sama Margarin dan mentega memiliki perbedaan dari bahan dasar pembuatannya itu sendiri tentu nya fungsi dan kegunaannya pun masing-masing ya karena keduanya serupa tapi tak sama.

Bahan Dasar Pembuatnya

Meskipun terlihat mirip dan bahkan sekilas sama,Margarin dan Mentega sebenarnya dua bahan makan yang berbeda. Mentega termasuk produk olahan Susu sapi dan krim. Namun, ada jenis susu dari binatang lain yang bisa diolah menjadi mentega juga loh, seperti susu domba, susu kambing dan susu kerbau.

Perbedaan margarin dan mentega

Margarin adalah produk Non-susu yang dibuat sebagai pengganti mentega,Margarin adalah zat aditif pengemulsi pengganti mentega buatan yang dibuat dari minyak nabati dan tambahan unsur hidrogen. Bisa juga mengandung susu saringan, garam dan pengemulsi seperti lesitin. Margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega.

Ciri Fisik

Mentega yang dalam bahasa inggris disebut”butter”memiliki warna kuning hingga kuning tua tergantung pada makanan yang dikonsumsi sapi yang susunya kemudian diolah menjadi mentega tersebut,Mentega terbentuk ketika krim diaduk dengan kuat sehingga bagian yang padat dan cair terpisah. 

Bagian padat ini adalah lemak susu dan bagian yang cair berupa buttermilk. Biasanya mentega yang dijual mengandung 80 persen lemak dan sisanya adalah air dan protein susu. Di toko, ada mentega yang dijual tanpa tambahan garam dan ada juga yang sudah digarami.

Bagaimana dengan Margarin?? Margarin terbuat dari minyak tanaman,air,garam,dan beberapa bahan lainnya. Margarin biasanya diberi sedikit perasa sehingga lebih mirip Mentega namun tidak menggunakan susu di dalamnya.

Proses pembuatannya pun pasti berbeda dengan tingkat kerumitannya masing-masing .Biasanya margarin peminatnya adalah para vegan dan vegetarian.

Margarin punya kandungan air yang tinggi, produk-produk yang dibuat menggunakan margarin akan memiliki tekstur yang lebih lembut.

Penggunaan

Penggunaan Margarin pada makanan contohnya ketika ibu-ibu ingin membuat kue,bagi pemula khususnya biasanya margarin akan lebih lembut ketika berapa pada suhu yang relatif dingin,Jangan lama-lama mencairkan margarin agar kandungan airnya tidak menguap. Bila sempat menguap, cake yang dihasilkan akan kering dan tidak lembab.

Penggunaan mentega pada kue, akan memberikan beberapa perbedaan dari setiap produk yang dihasilkan, yakni:

  •  Penggunaan mentega akan membuat kue punya rasa lebih enak dan terasa lembut.
  •  Perbedaan dalam sisi tekstur. Mentega akan meleleh dalam mulut. Maka, kue yang menggunakan mentega akan terasa lebih lembut dalam mulut.

Nah sekarang sudah tidak bingung lagi ya teman-temen untuk membedakan mana Margarin dan mana Mentega. Tentunya keduanya memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing-masing. Tergantung bagaimana kita mengaplikasikan sesuai dengan aturan dan sesuai petunjuk keduanya. Saat Anda hendak memasak, dan salah pilih bahan maka akibatnya tidak akan efektif. Salah satunya adonan akan gagal, roti atau kue menjadi tidak seenak yang dibayangkan.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar