Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Pemerintah di indonesia memiliki program jaminan sosial melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kesehatan mengingat pentingnya jaminan kesehatan untuk semua masyarakat indonesia.Jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang bertujuan untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya

Pengertian BPJS

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS).

Sebagian ketentuan dalam UU BPJS turut diubah dengan peraturan sapu jagat yakni Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja).Dalam Pasal 1 UU BPJS, disebutkan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

Jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Dalam hal ini, tidak ada perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan dari sisi definisi kepesertaannya. Artinya, semua orang bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan. Namun BPJS Ketenagakerjaan lebih bersifat untuk memberikan jaminan kerja pada angkatan kerja

Sesuai ketentuan tersebut, seharusnya tidak boleh hanya punya BPJS Ketenagakerjaan tapi tidak punya BPJS Kesehatan atau sebaliknya. Lebih lanjut, Pasal 5 regulasi tersebut menegaskan, berdasarkan Undang-Undang ini dibentuk BPJS. Adapun BPJS sebagaimana dimaksud adalah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Pasal 7 UU BPJS menjelaskan, BPJS adalah badan hukum publik berdasarkan Undang-Undang ini. BPJS bertanggung jawab kepada Presiden.

perbedaan bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan

Seringkali kita menganggap bahwa kedua jaminan kesehatan itu sama, lantaran dari nama nya pun mirip. Lantas apa perbedaan BPJS ketenagakerjaan dengan BPJS kesehatan?

Artikel Terkait  Perbedaan Gas Oksigen Medis dan Industri

4 Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

  1. BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan yang dikelola langsung oleh negara.Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang dibentuk guna menyelenggarakan program-program Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan.
  2. BPJS Ketenagakerjaan Tugasnya memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia, baik mereka yang bekerja secara informal maupun yang non formal.Sementara BPJS Kesehatan merupakan transformasi dari PT Asuransi Kesehatan (Askes) (Persero).
  3. Hanya bpjs ketenagakerjaan bisa untuk tabungan saat masa pensiun.
  4. Tugas BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan secara mendasar bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali.  Disinilah letak dasar perbedaan antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Nah setelah mengetahui perbedaannya, lalu apa persamaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan ya?

Persamaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

  1. Kesamaan dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan ini adalah keduanya sama-sama mengenakan iuran kepada masyarakat dan tenaga kerja Indonesia.  Namun, pengenaan iuran ini akan      disesuaikan dengan peraturan yang berlaku tentang BPJS.
  2. Peserta adalah setiap orang,termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di indonesia yang telah membayar iuran.
  3. Sama -sama dapat digunakan untuk berobat, Dapat digunakan diluar kota
  4. Keduanya sama-sama dilahirkan melalui UU tentang BPJS.

PROGRAM JAMINAN SOSIAL BPJS KETENAGAKERJAAN 

  • JKK(Jaminan kecelakaan kerja) Program yang memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya,dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.
  • JKM(Jaminan kematian) Jaminan berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris atau keluarga dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja
  • JHT(Jaminan hari tua) Jaminan Hari Tua atau yang sering disingkat dengan JHT adalah manfaat uang tunai yang dibayarkan sekaligus pada saat peserta memasuki usia pensiun,
  • JP (Jaminan pensiun) Jaminan Pensiun BPJS adalah program perlindungan yang diselenggarakan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.
Artikel Terkait  Pakai Zenwel, Tingkatkan Engagement Pelanggan

Uang tunai tersebut dapat dibayar secara sekaligus kepada peserta dengan syarat:

  1. Peserta mencapai usia 56tahun.
  2. Meninggal dunia.
  3. Cacat total tetap.

PROGRAM JAMINAN SOSIAL BPJS KESEHATAN

BPJS Kesehatan memberikan perlindungan sosial sesuai dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), meliputi pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan dan rawat inap.

Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Program Jaminan Kecelakaan kerja memberikan perlindungan atas kejadian kecelakaan kepada BPJS Ketenagakerjaan selambatnya 2 kali 24 jam setelah kejadian kecela
  • Jaminan Kematian (JKm) Jaminan berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris atau keluarga dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja
  • Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program perlindungan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa perbedaan antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan terletak pada fungsinya. BPJS Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sementara BPJS Ketenagakerjaan menjadi asuransi jiwa bagi para pekerja.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar