Perbedaan Paprika Merah, Kuning, Hijau: Dapat Menambah Cita Rasa dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Nama paprika tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena saat ini paprika sudah banyak digunakan di Indonesia menjadi sajian makanan yang lezat.

Keluarga cabai yang satu ini memiliki warna-warna yang menarik seperti merah, kuning, dan hijau. Paprika biasanya sebagai bahan campuran makanan atau masakan untuk menambah cita rasa masakan tersebut.

Karena memiliki warna yang berbeda, tentunya terdapat perbedaan dari paprika merah, kuning, dan hijau tersebut.

Perbedaan paprika merah, kuning, dan hijau

Selain warnanya, tentu ada hal lain yang membedakan ketiga paprika tersebut. Untuk mengetahui perbedaan paprika merah, kuning, dan hijau simak terus informasi berikut.

Tingkat kematangan paprika

Perbedaan paling mendasar dari paprika merah, kuning, dan hijau adalah tingkat kematangannya. Paprika hijau merupakan paprika yang belum matang saat di panen. Namun walaupun belum matang, paprika hijau sudah bisa untuk campuran berbagai jenis makanan.

Saat paprika mulai matang maka warnanya akan berubah menjadi kuning. Dan ketika paprika sudah benar-benar matang maka warnanya akan berubah lagi menjadi merah.

Rasa paprika

Karena tingkat kematangannya berbeda, rasa pada paprika merah, kuning, dan hijau tersebut juga berbeda. Karena belum matang, paprika hijau memiliki rasa yang sedikit pahit namun masih enak untuk sebagai campuran makanan.

Kemudian paprika kuning memiliki rasa tidak sepahit paprika hijau dan juga tidak semanis paprika merah. Sedangkan paprika merah memiliki rasa yang paling manis diantara paprika merah, kuning, dan hijau.

Penggunaan paprika dalam makanan

Karena memiliki rasa yang berbeda, penggunaan paprika merah, kuning, dan hijau dalam makanan juga berbeda-beda. Akan tetapi orang juga sering memadukan paprika tersebut untuk memberikan cita rasa dan tampilan yang berbeda. 

Artikel Terkait  Sumber Karbohidrat selain Nasi, Apa Saja?

Paprika merah dan hijau sering terdapat pada pizza atau sate barbeque. Sedangkan untuk paprika kuning, sering terdapat dalam masakan manis dan gurih seperti salad sayur.

Kandungan nutrisi

Perbedaan warna pada paprika juga menunjukkan bahwa paprika tersebut memiliki kandungan nutrisi yang berbeda pula.

Berikut kandungan nutrisi pada paprika merah, kuning, dan hijau:

  1. Kandungan lutein dan zeaxanthin terdapat pada paprika hijau yang berperan penting untuk kesehatan mata.
  2. Kandungan violaxanthin terdapat pada paprika kuning.
  3. Sedangkan kandungan capsanthin dan likopen terdapat pada paprika merah. Paprika merah merupakan jenis paprika yang paling padat nutrisi.

Namun semua jenis paprika baik paprika merah, kuning, dan hijau mengandung vitamin C, B6, K, A,  E, serta berbagai mineral dan antioksidan. Semua jenis paprika juga merupakan sumber kalium, asam folat, dan serat yang sangat baik.

Harga

Dari segi harga, setiap jenis paprika juga memiliki harga yang berbeda-beda. Diantara semua jenis paprika, paprika hijau merupakan paprika yang memiliki harga paling murah. Hal tersebut karena paprika hijau masih mentah.

Semakin tinggi tingkat kematangan paprika, maka harganya pun semakin mahal. Sehingga paprika merah memiliki harga yang paling mahal.

Itulah informasi terkait perbedaan paprika merah, kuning dan hijau. Selain menambah cita rasa pada makanan, paprika juga memberikan manfaat bagi kesehatan seperti:

  1. Menjaga kesehatan mata (kandungan lutein dan zeaxanthin)
  2. Meningkatkan imun tubuh (kandungan vitamin C dan berbagai senyawa antioksidan lainnya)
  3. Pencegah anemia (kandungan zat besi dan vitamin C)
  4. Mencegah peradangan sendi (kandungan beta cryptoxanthin dan vitamin C)
  5. Pencegahan cacat lahir (kandungan vitamin B9)

Banyaknya manfaat paprika bagi kesehatan tersebut, maka Anda bisa menambahkan paprika pada masakan yang Anda buat. Selain mendapatkan cita rasa yang baru juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar