Sama-sama Tempat Ibadah Umat Muslim, Berikut Perbedaan Masjid, Mushola, Surau, Dan Langgar

Di Indonesia keberadaan tempat ibadah umat muslim seperti masjid, mushola, surau, dan langgar banyak ditemukan. Hal tersebut tak lepas dari mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam.

Tempat ibadah umat muslim yang ada di Indonesia tersebut memiliki banyak sebutan seperti masjid, mushola, surau, dan juga langgar.

Umat muslim menggunakan masjid, mushola, surau, dan juga langgar tersebut untuk sholat berjamaah, kajian, tadarus Al-Quran, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Namun, meskipun sama-sama merupakan tempat ibadah umat muslim, terdapat perbedaan antara masjid, mushola, surau, dan juga langgar.

Perbedaan masjid, mushola, surau, dan juga langgar

Untuk lebih mengenal dan mengetahui perbedaan antara masjid, mushola, surau, dan juga langgar, simak informasi berikut ini.

Pengertian masjid, mushola, surau, dan langgar

Berikut pengertian masjid, mushola, surau, dan juga langgar menurut KBBI:

Masjid adalah rumah atau bangunan tempat beribadah umat Islam.

Dalam al-Qur’an, masjid disebut sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim. Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 18:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (At-Taubah ayat 18)

Mushola merupakan tempat sholat.

Surau adalah tempat (rumah) umat Islam melakukan ibadahnya (mengerjakan sholat, mengaji, dan sebagainya).

Sedangkan pengertian langgar adalah masjid kecil tempat mengaji atau bersholat, tetapi tidak digunakan untuk sholat Jumat.

Ukuran bangunan

Dari segi ukuran bangunan, masjid, mushola, surau, dan juga langgar juga memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Artikel Terkait  Perbedaan Niat Sholat Tarawih Untuk Imam, Makmum, dan Sendiri: Lengkap dengan Tata Caranya

Dari beberapa macam tempat ibadah umat muslim di Indonesia, masjid memiliki ukuran yang paling besar dari yang lainnya. Sehingga mushola, surau, dan langgar memiliki ukuran yang lebih kecil dari masjid.

Kapasitas

Karena memiliki ukuran yang paling besar, maka masjid juga memiliki kapasitas daya tampung yang lebih banyak dari mushola, surau, dan langgar. Untuk mushola, surau, dan langgar hanya bisa menampung kapasitas untuk sholat berjamaah yang terbatas.

Penggunaan tempat sholat Jumat

Setiap hari Jumat umat muslim laki-laki wajib untuk menjalankan sholat Jumat. Sholat jumat tersebut biasanya di masjid. Namun, ada juga beberapa mushola yang menyelenggarakan sholat Jumat. Sedangkan untuk surau dan langgar biasanya tidak dipergunakan untuk sholat jumat.

Lokasi

Masjid biasanya terdapat di kota-kota besar atau desa-desa yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar.

Mushola biasanya terdapat di perkantoran, rumah-rumah, atau tempat-tempat lain yang tidak memiliki masjid.

Surau merupakan tempat shalat dan kajian-kajian agama yang biasanya terdapat di desa-desa kecil.

Langgar merupakan tempat shalat yang biasanya terdapat di lingkungan rumah atau perkantoran.

Kelengkapan

Kelengkapan yang tersedia di masjid, mushola, surau, dan langgar tentunya juga berbeda-beda. Tetapi biasanya pada masjid sudah terdapat mimbar atau panggung kecil untuk berkhotbah. Untuk mushola, terdapat beberapa yang sudah terdapat mimbar.

Sedangkan untuk surau dan langgar biasanya tidak terdapat mimbar atau panggung kecil untuk berkhotbah karena memang tempat tersebut biasanya tidak untuk sholat Jumat.

Itulah beberapa perbedaan antara masjid, mushola, surau, dan langgar. Meskipun demikian baik masjid, mushola, surau, maupun langgar sama-sama merupakan tempat ibadah umat muslim untuk sholat berjamaah. Karena bagi umat muslim lebih dianjurkan untuk sholat berjamaah daripada sholat sendiri. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar