Perbedaan Pegunungan dan Gunung

Gunung dan pegunungan adalah 2 istilah yang memiliki kata dasar sama, tetapi untuk arti dan penggunaan berbeda. 2 istilah ini, identik dengan pemandangan alam, dan tekstur alam yang ada di bumi, dan masih banyak yang menganggap bahwa 2 istilah ini sama.

Jadi dalam penyebutannya, setiap orang sekenanya dan dianggap sama dan kebanyakan orang bagi yang belum tahu, dianggap bahwa itu adalah Gunung maksudnya. 2 kekayaan alam ini, perlu diketahui, berdasarkan fungsinya, jangan sampai membiasakan dan dibiasakan terlalu lama. Tidak baik.

Berikut ini adalah perbedaannya!

Dilihat dari Pengertian

1. Pegunungan

Pegunungan, adalah kumpulan, atau rangkaian gunung dan bukit. Tinggi pegunungan, dipastikan lebih dari 1.000 meter di atas permukaan air laut. Pegunungan, bisa saja berupa daerah gunung berapi dan gunung tidak berapi. Contoh, bisa kita lihat dalam Pegunungan Jayawijaya.

Pegunungan Bukit Barisan, Tengger, Kapuas Hulu, dan sebagainya juga bisa dijadikan contoh, untuk dilihat bentuknya. Pegunungan pastinya lebih luas cakupannya, karena terdiri dari beberapa atau rangkaian yang dianggap menjadi satu kesatuan.

2. Gunung

Gunung adalah hamparan tanah yang menjulang lebih tinggi daripada daerah sekitar. Ketahui, bahwa gunung lebih tinggi daripada bukit. Karena bukit, lebih ke hamparan tanah yang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya.

Untuk gunung, jadi lebih tinggi daripada bukit. Gunung sendiri, ada yang memiliki satu puncak, atau lebih atau tidak ada bentuk lancipnya sama sekali, hanya datar di puncak. Untuk satu puncak, bisa kita lihat dalam gunung berapi.

Gunung, bisa jadi bagian dari pengunungan, dan ukuran tinggi gunung dinyatakan dengan jarak puncak di atas permukaan laut. Sehingga tinggi gunung, lebih dinyatakan dalam “berapa ribu meter di atas permukaan air laut”. Jadi inilah edukasinya.

Artikel Terkait  Macam-macam Sendi pada Tulang. Apa Saja?

Dilihat dari Bentuk

1. Pegunungan

Pegunungan, terdiri dari kumpulan gunung dalam satu wilayah, yang membentuk barisan atau banjaran (bentangan). Pegunungan, memiliki banyak bukit, punggung gunung, dan puncak. Di beberapa wilayah negara lain, pegunungan ada yang berbentuk seperti benteng alami yang kokoh.

Kemunculan pegunungan, bisa dipicu dari berbagai peristiwa alami, diantaranya:

  1. Kemunculan beberapa gunung berapi dalam satu wilayah yang berdekatan.
  2. Adanya pergerakan divergen dan konvergen dari lempeng tektonik bumi.
  3. Adanya kemunculan lipatan, lekukan, dan patahan pada salah satu lempeng bumi.

Beberapa proses pembentukan pegunungan, diantaranya

  1. Pergerakan lempeng bumi yang saling mendekat, dan bertumbukan.
  2. Pergerakan lempeng bumi saling menjauh.

2. Gunung

Gunung, berbentuk hampir lancip ke ujungnya, menyerupai kerucut, ada yang berbentuk perisai, hingga kubah lava. Kemunculan gunung, didasarkan pada pergeseran dari lempeng tektonik, orogenik, dan pergerakan epeirogenik.

Untuk gunung berapi, biasanya muncul dengan selalu diawali dari pergeseran atau tumbukan antar lempeng tektonik di dunia. Kejadian ini, biasanya memunculkan gemuruh dalam perut bumi, yang biasanya bisa saja memicu terjadinya gempa.

Jika terjadi retakan pada lapisan litosfer yang menyebabkan magma keluar dari perut bumi, maka kerucut gunung akan terbentuk, dan magma yang keluar akan mengeras di permukaan, dan lambat laun akan menjadi kerucut gunung berapi yang semakin lama semakin tinggi.

Perbedaan Pegunungan dan Gunung secara Rinci

Berikut, adalah perbedaan antara pegunungan dan gunung, jika dilihat secara rinci dalam bentuk tabel sebagai perbandingan dan disadingkan, diantaranya:

No. Perbedaan Gunung Pegunungan
1 Jumlah punca. Memiliki satu puncak Mempunyai banyak puncak
2 Bentuk Puncak gunung berbentuk kerucut, perisai, kubah lava. Pegunungan berbentuk barisan, banjaran atau bentangan yang menyerupai benteng alam.
3 Ciri fisik Berdiri tunggal di satu wilayah Kumpulan dari beberapa gunung dalam satu wilayah.
4 Luas Gunung memiliki luas yang lebih kecil daripada pegunungan. Pegunungan memiliki luas wilayah yang lebih besar daripada gunung.
5 Proses pembentukan Aktivitas vulkanologi, pergeseran lempeng tektonik. Pergerakan lempeng tektonik yang menciptakan lipatan, lekukan, atau patahan pada lapisan litosfer bumi.
6 Aktivitas vulkanologi Kebanyakan gunung memiliki aktivitas vulkanologi. Tapi, beberapa gunung ada yang tidak aktif atau beristirahat sementara. Kebanyakan pegunungan tidak memiliki aktivitas vulkanologi. Kecuali pegunungan dari kumpulan gunung berapi.
7 Letak Kebanyakan gunung terletak di jalur cincin api (ring of fire). Letak pegunungan tidak menentu. Kemunculannya tergantung dari pergerakan lempeng bumi.
8 Ketinggian. Berubah-ubah karena ada pengaruh dari aktivitas vulkanologi. Tetap
9 Kawasan hutan Kawasan hutan mengelilingi kerucut gunung dan membentuk seperti cincin hutan. Kawasan hutan berbentuk banjaran dan membentuk seperti sabuk gunung.
10 Penamaan Selalu di awali dengan penyebutan gunung. Misalnya, gunung Everest. Selalu di awali dengan penyebutan pegunungan. Misalnya, pegunungan Himalaya.
Artikel Terkait  Jenis Olahraga Atletik yang bisa Dicoba

Itulah, perbedaan pegunungan dan gunung, jika dilihat dalam beberapa aspek. Semoga bermanfaat.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar