Macam-macam Sendi pada Tulang. Apa Saja?

Sendi, menjadi bagian tubuh dalam seseorang yang sering dibahas di dunia keilmuan alam. Sendi sendiri, adalah bagian tubuh, yang menghubungkan tulang dan membantu tubuh dalam bergerak. Jumlah sendi setiap orang berbeda-beda .

Sekitar 250, sampai 350 sendi yang menghubungkan tulang-tulang kita. Adanya sendi, juga membantu kita dalam bergerak, maupun berdiri secara maksimal, tanpa takut patah atau terkena cedera lainnya. Jadi fleksibel.

Fungsi Sendi pada Tubuh

Sendi sendiri, memiliki peran penting dalam sistem gerak manusia. Tanpa persendian, manusia kesulitan melakukan gerakan tubuh, berjalan, hingga memegang benda. Untuk menoleh, berbicara, juga tidak lepas dari yang namanya sendi.

Peran penting sendi, didukung dengan makanan bergizi. Bagian ini, bisa membantumu dalam hal menjaga kesehatan. Dengan sendi yang sehat, kita bisa gerak secara aktif, tanpa mengalami peradangan pada sendi. Pastikan, dengan pola hidup yang sehat, fungsinya bisa maksimal.

Jenis Sendi pada Tubuh

Dilihat dari jangkauan gerak, sendi terdiri dari 3 macam, yaitu:

1. Sendi Mati

Sendi mati, tidak memiliki rongga sambungan, tetapi menyatu dengan jaringan fibrosa (misalnya, kolagen). Sendi ini tetap pada tempatnya, sehingga tidak menyebabkan pergerakan. Contoh dari sendi ini, adalah sendi di tengkorak bayi.

2. Sendi Kaku

Sendi kaku, merupakan salah satu bagian dari sendi yang bisa bergerak secara terbatas. Sendi ini, terdiri tulang rawan yang menyatukan antar tulang, tanpa rongga sendi. Contoh pada sendi kaku adalah sendi yang mempertemukan tulang simfisis pubis di area panggul. Bagian ini sedikit bisa digerakkan (terbatas).

3. Sendi Gerak (sendi sinovial)

Sendi ini, memiliki rongga sendi dan memiliki kemampuan dalam bergerak lebih banyak. Terdapat rongga, jaringan fibrosa, dan cairan pelumas (cairan sinovial) pada sendi, membuat tubuh lebih mudah bergerak. Sendi ini, memiliki banyak jenis sesuai dengan tipe gerakannya. Dimulai dari:

Artikel Terkait  Jenis-jenis Simbiosis yang Perlu Kamu Ketahui. Diantaranya?

1. Sendi putar

Sendi putar, memiliki ciri khas dalam hal mampu menggerakkan tulang dalam gerakan memutar (rotasi) dari tulang lain. Contoh sendi ini adalah sendi di bagian leher. Sendi putar, membuat bagian kepala bisa bergerak secara memutar.

2.  Sendi geser

Sendi geser, berada di bagian tulang yang membentuk gerakan bergeser, searah secara mendatar. Contohnya, bisa dilihat di bagian sambungan antara pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Dari situ akan terlihat jelas, bagaimana sendi geser bekerja.

3.  Sendi pelana

Sendi pelana, membantu kamu dalam menggerakkan tulang ke berbagai arah, yakni ke samping kiri dan kanan, serta gerakan ke depan, dan belakang. Secara kinerja, cukup fleksibel, tetapi sendi ini tidak mampu bergerak secara memutar. Contohnya, pada pangkal tulang ibu jari.

4.  Sendi engsel

Sendi engsel, bergerak seperti cara kerja engsel pintu. Gerakan tersebut, membantu tulang bergerak searah menyerupai pintu yang dibuka-tutup. Contoh sendi engsel pada bagian lutut dan bagian siku yang bisa membengkok (ulna).

5.  Sendi gulung

Sendi gulung, ditandai dengan adanya rongga sendi dan bagian ujung tulang berbentuk bulat. Sendi ini, menghasilkan gerakan dua sumbu arah, dengan fleksibel, kecuali gerak memutar. Contoh dari sendi ini adalah sendi yang ada di antara rahang, dan antara tulang telapak tangan dengan tulang jari tangan.

6.  Sendi peluru

Sendi peluru, adalah jenis sendi yang bisa digunakan untuk berbagai gerakan. Baik ke segala arah, hingga gerak memutar sekaligus. Sendi ini memiliki rongga sendi dengan tulang yang memiliki ujung bulat seperti bola. Contohnya, sendi di bagian panggul yang menyatukan tulang panggul dan tulang paha.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis sendi yang bisa diketahui. Agar kita tahu fungsinya, dan menjaganya dengan pola hidup sehat.

Artikel Terkait  Pengertian Massa dan Berat jika dilihat dari Ilmu Pengetahuan

 

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar