Tips Menjaga Kesehatan Anak, Dimulai dari Apa?

Menjaga kesehatan tubuh untuk anak sangat penting, karena anak itu masih proses berkembang dan tumbuh, yang harus diperhatikan penuh agar kedepannya tidak merugi. Entah dalam hal fisik, dan psikis. Perkembangan anak, bisa didukung melalui obat-obatan maupun cara alami. 

Terpenting, mengerti cara pembuatannya dan penggunaannya. Selama pada batas wajar, maka tidak apa-apa dicoba, siapa tahu sebagai suplemen pendukung akan vitamin sehari-hari. Gizi yang terpenuhi, juga secara tidak langsung menambah wawasan untuk anak dan merubah peradaban ini jadi lebih baik. 

Berikut ini adalah tipsnya:

1. Ajarkan anak untuk selalu cuci tangan

Disini, tergolong harus dibiasakan rajin. Tidak hanya asal-asalan membersihkan tangan, tetapi harus tahu rumusnya (tata caranya). Cuci tangan sendiri, harus diedukasi secara penuh, kapan saja anak harus melakukan itu. Jadi, tidak setiap saat maupun detik. Tahu waktunya. 

Beri edukasi sejak dini akan hal itu, agar dewasa kelak nantinya jadi orang yang bisa menjaga diri dan orang lain. Menjaga kesehatan anak melalui membersihkan tangan, adalah wajar dan dasar. Misal, sebelum dan sesudah makan, melakukan cuci tangan. 

2. Tingkatkan kekebalan tubuh

Maksudnya adalah bisa dilakukan melalui olahraga dan pola hidup yang sehat. Orang tua, bisa memandu anak melakukan hal itu sejak dini. Misal, melakukan olahraga pagi bersama sebelum berangkat sekolah, rutin setiap hari selama 30 menit itu saja sudah membantu organ dalam tubuh bekerja dengan aktif. 

tips menjaga kesehatan anak anak

Mengonsumsi makanan yang sehat, membuat jadwal tidur secara konsisten dan harus dipaksakan, karena jika tidak, anak akan semaunya sendiri untuk tidur tanpa tahu jam waktunya tidur (jam batas). Dengan tidur secara teratur dan jam cukup, maka sudah membantu anak dalam menjaga imunnya. 

Artikel Terkait  Perbedaan Psikolog dan Psikiater, Jangan Salah Pilih

3. Biasakan anak untuk hidup sehat

Anak, harus dibiasakan hidup sehat, mulai dari bangun tidur hingga selesai beraktivitas sehari-hari. Bisa mulai dari membersihkan kamar hingga cuci diri sebelum tidur. Hal itu, ternyata mempengaruhi anak dalam belajar untuk hidup sehat. 

Saat anak terbiasa akan hal itu, maka saat akan meninggalkan, ada hal yang janggal dan harus melakukan hal itu. Sehingga, orang tua disini harus mengajarkan anak sedini mungkin, pola-pola hidup sehat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Misal, saat bersin atau batuk, tutup mulut dan jaga jarak. 

4. Lakukan program imunisasi tubuh terhadap anak

Nah, ibu bisa menggunakan obat atau periksa ke dokter secara berkala untuk tahu perkembangan si anak. Jangan sampai, kita pelit uang ke anak hanya karena ini. Karena dampaknya cukup luar biasa bagi kedepannya. Anak bisa berpikir maju, mudah mencerna, fisik bagus, mental bagus, dan psikis bagus. 

tips menjaga kesehatan anak

Jangan sampai mengorbankan anak dengan tidak memperhatikannya semenjak kecil. Lakukan program imunisasi secara lengkap dan urut, agar tumbuh kembangnya bisa maksimal. Suplemen juga bisa diberikan dalam rangka pelengkap aktivitas sehari-hari yang diperlukan. 

5. Memberikan makanan dan gizi yang sehat

Asupan gizi dalam makanan sehat, mampu menghindarkan anak dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Jangan sering membeli makanan cepat saji (junk food), karena sama saja menjadikan anak tidak sehat semenjak kecil. Dampaknya, dia mengalami penyakit sebelum tua. 

Bahan pengawet dan penyedap rasa terlalu berlebihan juga tidak bagus untuk tubuh. Sehingga perlunya manajemen yang bagus untuk ibu yang sedang memasak. Jangan sampai, sering beli makanan di luar, karena kita tidak tahu kandungan apa yang sedang dicampur disana secara keseluruhan. 

Artikel Terkait  Perbedaan Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis

6. Mengajak anak untuk selalu aktif

Maksudnya adalah, bisa mengajak anak untuk bermain, agar anak bisa bergerak secara aktif dan bergerak tanpa rasa malas. Hal ini agar anak tidak mudah stres, karena dari situ anak bisa melampiaskannya ke hal positif. 

Ingat, dalam bermain selalu awasi, apalagi masih umur kecil dan tempat bermainnya jauh. Jangan sampai, kita abai akan hal ini. Karena sekarang sudah banyak penyalahgunaan anak melalui penculikan. Jangan sampai, anak Anda jadi korban akan hal ini. Sayangi sejak dini!

Itulah penjelasan mengenai 6 tips menjaga kesehatan anak yang bisa dicoba Ayah dan Ibu dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan, jaga anak sejak kecil, agar dewasanya nanti, lebih baik dari kita (yang mendidik). Terima kasih.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar