Cara Memilih Sepatu Tenis Pria

Sepatu tenis pria, adalah salah satu jenis sepatu untuk olahraga tepatnya adalah untuk permainan tenis. Sepatu ini, didesain dengan kebutuhan permainan di lapangan, dan dalam memilihnya tidak asal-asalan apalagi untuk atlit. 

Sepatu, merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Banyak produsen yang memfasilitasi hal ini, dan kita tinggal memilih mana yang cocok dengan kita. Perhatikan aspek-aspek penting dalam desain sepatu. 

Diantaranya?

1. Pilih berdasarkan jenis lapangan

Ternyata, tenis memiliki tiga jenis lapangan, dan kamu bisa memilih sepatu sesuai kebutuhan. Untuk lapangan jenis tanah liat, bisa memilih jenis outsole berdaya cengkeram tinggi. Umumnya, jenis lapangan ini memiliki permukaan yang licin sehingga pilih yang memiliki sol luar dilengkapi ceruk (grip). 

2. Pilih bantalan dengan shock absorbance

Jenis sepatu ini, diperuntukkan bagi jenis lapangan semen. Adanya bantalan, membuat kaki tidak cepat lelah, dan terjaga dari cedera. Bantalan juga mampu meredam guncangan, sehingga pilih sol yang kuat. Tujuan sepatu tersebut didesain, guna anti rusak dengan adanya gesekan tinggi. 

3. Gunakan sol berdesain khusus

cara memilih sepatu tenis pria

Ini, berlaku untuk jenis lapangan karpet/indoor, sehingga pilih sepatu yang tak memiliki grip atau hanya sedikit ceruk. Lapangan karpet memiliki daya gesekan yang tinggi. Dengan sepatu ini, kamu bisa bergerak lincah meski bermain di atas karpet. 

4. Sesuaikan dengan gaya permainan

Pastikan, sesuaikan jenis sepatu tenis berdasarkan karakteristik pemain dan gaya permainan yang ada. Disini, kamu bisa bermain maksimal dan untuk pemain baseline, pilih sepatu tenis yang memiliki bantalan mumpuni. Dari situ, kamu bisa nyaman bergerak menyamping selama pertandingan. 

5. Pilih sepatu tenis ber-toe cap kuat

Ini cocok untuk pemain serve and volley dan pilih yang lentur, agar tidak kaku dan bisa bergerak maksimal. Dalam hal ini, fleksibilitas gerakan kaki bisa bergerak menyamping atau maju maupun mundur. Kamu bisa memilih bobot sekitar 350-400 gram untuk pergerakan yang lebih gesit dan leluasa.

Artikel Terkait  Kisaran Harga Parfum Sauvage Dior Asli

6. Pilih ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kaki

Pilih ukuran sepatu yang tidak pas atau lebih sedikit, untuk membuat nyaman kaki dalam berlari maupun berhenti. Ukuran menjadi faktor penting dalam memilih sepatu tenis. Pilihlah ukuran 0,5 hingga 1 cm lebih besar dari ukuran kaki kalian. 

7. Tentukan bentuk potongan sepatu yang diinginkan

Sepatu tenis pria sendiri, memiliki dua jenis jika dilihat dari bentuk potongannya, diantaranya low cut dan mid cut. Low cut, lebih memudahkan dalam bergerak secara lincah. Sedangkan mid cutI, meminimalisir kaki untuk terkilir saat berada di lapangan (bermain). 

8. Pilih desain dan bahan

Untuk penampilan yang menarik, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan untuk bahan, sesuaikan dengan kebutuhan yang mana diharapkan bisa awet. Desain sepatu tenis, pada umumnya mempunyai alas datar. Bahan yang ada, biasanya bertekstur sedikit keras. 

9. Lihat merek sepatu

Walaupun tidak berlaku untuk semua merek, setidaknya dengan memiliki brand apalagi terkenal, maka sudah dianggap mumpuni dalam hal kualitas. Masih banyak yang tidak keberatan untuk membeli sepatu bermerek, karena harga sesuai dengan kualitas yang ada (secara rata-rata). 

10. Sesuaikan dengan gaya permainan

Setiap atlit atau pemain, memiliki gaya masing-masing dalam bermain, selama tidak melanggar aturan yang ada. Kadang ada permainan yang luwes, kaku, dan lain sebagainya, tergantung pada kebutuhan dan keahlian. Posisi atau tanggung jawab kerja di lapangan saat main juga mempengaruhi. 

Jadi, itulah 10 cara dalam memilih jenis sepatu tenis untuk pria. Semoga bermanfaat, dan ada yang cocok sesuai kriteria di atas!

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar