Penyebab Hidung Mampet. Apa Saja?

Cara mengatasi hidung mampet bisa bermacam-macam, hal ini disebabkan karena hal sederhana atau memang karena hal yang cukup serius yang membuat hidung kita tersumbat. Pastinya, munculnya hidung mampet karena ada jaringan di dalam tubuh yang sedang terganggu. Gangguan tersebut disebabkan iritasi akan polusi udara yang dihirup. 

Penyebab lain dari hidung tersumbat adalah karena adanya alergi, sinusitis, dan infeksi. Contoh bisa kita lihat dalam ISPA dan influenza. Pastinya, kita perlu mengaplikasikan pola hidup sehat agar mencegah hal tersebut. Selain itu konsisten. 

Untuk info lebih lengkapnya, cek berikut. 

1. Batuk pilek

Adanya batuk pilek juga menyebabkan hidung tersumbat, karena adanya kotoran, terkena infeksi, hingga peradangan. Saluran pernapasan jadi terganggu, termasuk tenggorokan. Pilek akan sembuh dalam waktu 7-10 hari. 

2. Flu

Flu atau influenza terjadi karena virus sedang menyerang sistem pernapasan kita, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Kondisi ini memungkinkan adanya hidung tersumbat, dan flu bisa sembuh dengan sendirinya. Jika terjadi komplikasi, maka bukan hal yang ringan lagi.

3. Sinusitis akut

Gangguan ini dimulai dari adanya batuk pilek dulu, dan gangguan ini bisa sembuh dengan sendirinya. Dalam waktu 10 hari, bisa sembuh dengan maksimal jika penangannya juga sesuai. Jaringan dalam hidung akan mengalami peradangan dan pembengkakan sehingga rongga menyempit. 

4. Alergi

Bagi yang gampang alergi, atau sedang terpapar zat penyebab alergi (alergen), maka tubuh akan bereaksi, salah satunya hidung. Pada rinitis alergi, terjadi gangguan pada sistem pernapasan, produksi lendir dalam rongga hidung meningkat, dan menimbulkan reaksi bersin-bersin atau pilek. 

5. Infeksi virus

Bisa karena COVID-19, yang mana bisa membuat hidung tersumbat dengan sendirinya. COVID-19, bisa membuat hidung tersumbat dalam waktu 2-3 minggu. Ini beda dengan flu biasa, yang membuat hidung tersumbat hanya dalam beberapa hari saja. Apalagi ditambah minum obat, hanya 2 hari jika ringan. 

Artikel Terkait  Perbedaan Psikolog dan Psikiater, Jangan Salah Pilih

6. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi atau hay fever adalah peradangan pada rongga hidung akibat alergi. Kondisi ini paling menjadi penyebab dari hidung tersumbat. Hidung tersumbat akibat ini, bisa berlangsung dari 2 hingga 3 minggu. Pastinya, tetap jaga kesehatan. 

7. Rhinitis vasomotor

penyebab hidung mampet

Rhinitis vasomotor, atau rhinitis non-alergi, merupakan peradangan pada saluran hidung yang terjadi karena adanya perubahan cuaca, paparan bau yang kuat, dan paparan asap. Mengonsumsi makanan pedas ataupun bersuhu panas juga jadi pemicu. Kondisi ini membuat pembuluh darah jadi melebar.

8. Sinusitis kronis

Sinusitis kronis, terjadinya peradangan sinus selama 12 minggu bahkan lebih. Dari situ, bisa menghalangi cairan di dalam hidung untuk mengalir sehingga hidung akan tersumbat. Tanpa pikir pun, segera berobat, karena kalau sudah kronis butuh pengobatan secara medis juga. 

9. Polip hidung

Adanya polip hidung juga didasarkan pada pertumbuhan jaringan yang tidak normal di saluran hidung. Jaringan yang tidak normal tersebut, timbul karena adanya peradangan dalam hidung secara terus-menerus. Hal tersebut bisa menyebabkan hidung tersumbat hingga 12 minggu.

10. Deviasi septum

Deviasi septum muncul dengan kondisi dinding pemisah rongga hidung mengalami pergeseran, hal itu mengakibatkan salah satu lubang hidung yang ada, mengecil. Tingkat keparahan hidung tersumbat tergantung pada derajat pergeseran septum yang ada di dalam hidung.

11. Kanker nasofaring

Adaya kanker nasofaring, menyerang nasofaring, yang mana bagian tenggorokan di belakang rongga hidung akan terganggu. Salah satu gejala yang dapat dirasakan akibat kanker nasofaring, adalah hidung tersumbat.

Jadi, itulah penjelasan mengenai alasan atau penyebab kenapa munculnya hidung tersumbat di muka bumi ini. semoga bisa mengatasi.  

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar