Ini Bedanya Investasi Emas Batangan dan Perhiasan

Ada sebagian dari kita yang sedang bingung untuk menentukan kira-kira lebih bagus investasi emas  batangan, atau emas perhiasan saja ya? Nah sebelum menentukan mana yang lebih baik untuk berinvestasi berupa emas, tentunya kita perlu cek dahulu berapa harga dari masing- masing?

Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui perkiraan harga emas yang nanti kita akan beli sesuai dengan budget kita. Eits, kira- kira lebih baik mana, investasi emas batangan atau perhiasan? Apakah harga keduanya berbeda jauh? 

Mari kita cermati perbandingannya masing- masing Yuk kita pelajari dan simak terlebih dulu ulasan di bawah ini ya..!

Perbedaan Harga Emas Perhiasan dan Emas Batangan 

Ketika kita membeli Emas Perhiasan, risiko yang harus ditanggung adalah nilai jual yang lebih murah atau menurun. Harga emas Perhiasan ketika di jual kembali akan menurun sekitar 10 persen.

Selain itu ketika Kalian menjual perhiasan yang sebelumnya dibeli pada tempat yang sama dimana artinya beli ditempat semula, harganya akan semakin lebih rendah. Harga emas Perhiasan cenderung memang cenderung tidak stabil dibandingkan emas antam atau logam mulia.

perbedaan investasi emas batangan dan perhiasaan

Sedangkan ketika kalian memilih untuk membeli emas batangan, Harga emas yang didapatkan cenderung stabil dan mengalami peningkatan. Contoh emas batangan yang bisa jadi pilihan yaitu emas batangan buatan PT ANTAM.

Cara Cek Harga Emas

Loh jadi gimana dong kalau mau cek- cek harga emas perhiasan harus ke tokonya dulu? Mana jauh dan sebagainya.

Untuk mengecek harga emas terkini biar tetap update, Kalian tidak perlu repot-repot mengunjungi toko emas. Ada banyak sumber data yang terpercaya dan dijamin mendekati akurat.

Berikut ini cara cek harga emas yang bisa kalian lakukan secara mandiri 

Artikel Terkait  Pengertian Financial Planning

Melalui Web Pengadaian

Kalian bisa cek list harga emas melalui situs webnya pegadaian. Selain bisa cek harga emas terkini, kalian juga bisa sekaligus melakukan pembelian emas, menggadaikan emas, pembukaan buku tabungan emas, dan transaksi lainnya yang berkaitan dengan investasi emas.

Melalui Portal Berita

Situs- situs web media bisnis khususnya yang bisa kita akses, Kalian juga bisa melakukan cek harga emas di portal-portal berita. Selain menyajikan berita harga emas, Kalian juga bisa cek info- info lainnya terkait investasi dan kondisi perekonomian terkini.

Situs Web Toko atau Produsen Emas

Ada banyak situs-situs web yang menyediakan informasi harga emas terbaru setiap harinya, biasanya harga- harga yang terpampang juga berasal dari sumber – sumber yang telah disebutkan sebelumnya.

Kelebihannya, situs-situs web seperti ini biasanya juga menampilkan data terkait harga emas dengan lengkap dan terperinci, misalnya grafik perkembangan harga, direktori toko emas terpercaya, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Perhiasan

Kelebihan membeli Perhiasan Emas :

  1. Mudah didapatkan, Ketika akan membeli emas baru dapat didapatkan dengan mudah karena banyak toko perhiasan terdekat.
  2. Harga emas beragam, banyak pilihan, desain bervariasi, bisa request sesuai dengan pilihan dan kebutuhan,sesuai dengan kadar dan masing-masing desain.
  3. Mudah disesuaikan dengan anggaran yang kalian miliki
  4. Bisa membeli perhiasan emas dengan besaran gram yang kecil
  5. Digunakan untuk mempercantik diri dan juga mengubah tampilan menjadi menarik.

Kekurangan membeli Perhiasan Emas :

Di balik setiap kelebihan pasti ada kekurangannya, begitupun dengan barang berupa Emas Perhiasan.

  1. Perhiasan Emas mudah rusak
  2. Perhiasan Emas cenderung lebih mudah pudar dan bahkan menghilang
  3. Rawan dan rentan tindak kejahatan, karena Emas yang sering dipakai untuk menunjang penampilan
  4. Harga nilai jual emas perhiasan lebih rendah, atau turun ketika dijual kembali. Sebaiknya jika berniat menjual kembali lebih baik perhatikan waktu yang tepat.
Artikel Terkait  Pakai Zenwel, Tingkatkan Engagement Pelanggan

Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas Antam( Batangan)

Kelebihan emas Batangan:

  1. Harga emas batangan cenderung tinggi dan stabil
  2. Mengandung lebih banyak emas murni, Kualitas jauh lebih terjamin
  3. Ketika membeli akan mendapatkan sertifikat yang berisi berat, ukuran, serta kadar emasnya.

Kekurangan Emas Batangan :

  • Emas Batangan tidak bisa dibeli di sembarangan tempat, tidak diperjualkan di toko- toko biasa
  1. Tidak mudah di simpan di sembarangan tempat karena bentuk dan juga rawan pencurian
  2. Tidak dapat digunakan sebagai perhiasan atau untuk menunjang penampilan.

Mana yang Lebih menguntungkan? 

Kembali lagi point penting adalah Investasi mana yang lebih menguntungkan antara keduanya?

Yang perlu menjadi catatan bahwa kalian harus tahu terlebih dulu tujuan dari investasi, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang? Hal itu akan lebih efektif dan juga efisien untuk menyesuaikan emas apa yang harus kita beli.

Setelah tujuan investasi sudah kita tentukan langkah selanjutnya yaitu cek harga emas, bandingkan antara harga Emas batangan dengan emas perhiasan. Sesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran yang kalian miliki.

Kalau harga emas sudah dikantongi baik emas Batangan maupun Emas Perhiasan, Waktunya tentukan toko mana yang akan kalian kunjungi, misalkan untuk Membeli emas perhiasan kalian cukup mengunjungi toko yang terdekat dan mudah dijangkau transportasinya.

Pastikan toko yang kalian kunjungi adalah toko resmi yang menjual Perhiasan emas batangan murni, Jika kalian memilih Emas Batangan pastikan juga kalian mendapatkan sertifikat atau surat pembeliannya.

Itu tadi ulasan mengenai harga emas perhiasan dan harga emas batangan. Sekarang Kalian sudah mendapatkan gambaran kelebihan dan kekurangannya, bukan? Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk kamu dalam menentukan investasi yang tepat.

Artikel Terkait  Pembagian Jenis Bank di Indonesia Berdasarkan Fungsinya

Selamat berinvestasi !

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar