Kembar Fraternal, Keunikan dan Risikonya

Kembar, fenomena yang ada di makhluk hidup, salah satunya pada bayi manusia. Jangan salah, manusia juga bisa kembar, dan ada yang identik maupun tidak identik (kita sebut, dengan kembar fraternal). Kembar tidak identik ini, terjadi karena Bunda mengandung lebih dari satu embrio.

Dari sini, berkembang menjadi bayi. Setiap embrio memiliki genetik yang berbeda, jadi antara satu embrio dengan embrio lainnya berbeda. Dari sini, anak-anak akan dilahirkan secara tidak sama (tidak memiliki kesamaan genetik), jadi tidak identik nantinya.

Proses menjadi Bayi Kembar Fraternal

Setiap embrio, memiliki bahan genetik yang berbeda dari embrio lain, sehingga anak-anak yang dilahirkan tidak memiliki kesamaan genetik seperti halnya kembar identik. Kembar Fraternal, terjadi saat wanita melepaskan lebih dari satu sel telur, selama ovulasi.

Masing-masing sel telur, dibuahi oleh sperma yang berbeda, dari sini, masing-masing embrio yang terbentuk, memiliki bahan genetik yang unik dan berbeda satu sama lain. Saat ibu hamil mengandung kembar fraternal, maka ia harus melakukan perawatan seperti hamil satu bayi.

Hal ini, tidak terlepas dari risiko komplikasi kehamilan dan kelahiran kembar yang lebih tinggi. Bunda harus mendapatkan perhatian medis yang lebih intensif dan seringkali mengikuti janji temu antenatal agar keadaan bayi bisa terkontrol.

Pengalaman memiliki Bayi Fraternal

Anggap saja, pengalamannya lebih istimewa, walaupun terdapat beberapa risiko yang harus dirasa saat proses kehamilan. Hal ini, bisa dialami oleh orang tua, maupun keluarga terdekat. Kehadiran lebih dari satu bayi, dan membawa keunikan masing-masing membuat kebahagiaan bertambah.

Suka cita ada disitu, tapi bisa diminimalisir atau dikurangi oleh rasa bahagia yang ada. Memperkaya hidup dengan kebahagiaan yang ada di depan mata, mampu menghapus masalah yang ada (sesaat). Dari sini, kita bisa ambil kesimpulan, bahwa anak memang membawa rezeki masing-masing.

Artikel Terkait  Perbedaan Efek BAB Duduk dan Jongkok Terhadap Kesehatan

Tentang kembar identik, lebih sel telur, yang dibuahi oleh sel sperma, dan kemudian membelah menjadi dua embrio, disini memiliki bahan genetik yang sama persis. Jadi, kembar identik memiliki tampilan fisik yang sangat mirip satu sama lain, bahkan bisa sulit dibedakan oleh orang secara kasat mata.

Tentang Kembar Fraternal

Kembar Fraternal, memiliki genetika yang berbeda dengan yang lain, seperti anak-anak yang berbeda umur. Kembar Fraternal, tidak memiliki kesamaan terlalu, karena berasal dari dua buah sel telur. Untuk mengandung bayi kembar Fraternal, risiko komplikasi lebih tinggi daripada yang identik.

Komplikasi tersebut, bisa saja seperti kelainan janin atau gangguan plasenta bisa saja terjadi. Peningkatan risiko kelahiran premature, juga bisa terjadi jika tidak diatur dengan baik. Melahirkan kembar Fraternal, lebih awal dari perkiraan, bahkan sebelum usia kehamilan 37 minggu.

Kehamilan premature, dapat menyebabkan bayi lahir dengan keadaan berat badan rendah dan memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi. Risiko preeklampsia, juga bisa terjadi pada ibu hamil, dimana terjadi peningkatan tekanan darah, dan kadar protein dalam urin.

Gangguan Kesehatan pada Bayi

Bayi kembar Fraternal, juga bisa memiliki berbagai macam gangguan kesehatan, mulai dari kelainan jantung, kelainan kromosom, dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, memang dalam mengandung bayi Fraternal, perlu dipantau secara baik dan benar, agar tidak salah.

Bisa dikatakan, ibu hamil kembar Fraternal, nantinya mengalami kesulitan dalam memberikan ASI, kepada kedua nayi. Produksi ASI, membutuhkan usaha yang ekstra, karena perlu dukungan tenaga medis juga dan keluarga.

Keunikan kembar Fraternal dari kembar identik adalah memiliki DNA yang berbeda, dan jenis kelamin yang berbeda. Mulai dari warna rambut, warna mata, dan bentuk wajah. Kembar Fraternal, juga memiliki perbedaan yang signifikan dalam ukuran tubuh.

Artikel Terkait  Mengenal Aliran Kepercayaan Asli Nusantara

Jadi sudah paham, akan kembar Fraternal?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar