Sumber Karbohidrat selain Nasi, Apa Saja?

Sumber karbohidrat, selain nasi cukup banyak, dimulai dari makanan maupun minuman di sekitar kita. Adanya sumber karbohidrat, sebagai ketahanan daya tubuh, dan kesehatan tubuh. Pengganti nasi ini, tak kalah menyehatkan seperti nasi.

Masih banyak, sumber karbohidrat yang serbaguna sekaligus murah, selain nasi. Walaupun makanan utama ini tetap hadir, masih ada karbohidrat lain, yang bisa melengkapi itu (gizi dan pertumbuhan perkembangan anak) sehingga jangan khawatir, untuk masalah karbohidrat.

Berikut ini, adalah daftarnya:

1. Kentang

Kentang, ternyata masuk ke dalam sumber karbohidrat, dan serbaguna tidak hanya untuk ini saja. Terdapat variasi olahan yang bisa dibuat dari kentang, dan kandungan dari kentang sendiri, tidak hanya karbohidrat, tetapi banyak nutrisi penting yang masuk. Salah satunya, protein, kalium, dan lain-lain.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar, juga merupakan makanan pengganti nasi yang tak kalah menyehatkan, dengan mengandung karbohidrat, zat gizi mikro, serat, dan mineral. Kandungan lain, berupa antioksidan, sehingga dapat membantu melindungi kita, dari berbagai masalah kesehatan.

3. Quinoa

Quinoa, memiliki rasa dan tekstur seperti biji-bijian setelah dimasak, sehingga bisa masuk, menjadi makanan pengganti nasi. Keunggulan dari bahan ini, bebas gluten, dan memiliki kandungan protein yang tinggi daripada nasi.

4. Nasi Shirataki

Nasi shirataki, adalah salah satu pilihan makanan pengganti nasi yang cukup populer di beberapa tahun terakhir. Mengingat, nasi shirataki terkenal rendah karbohidrat, dan juga rendah kalori. Nasi shirataki sendiri, terbuat dari akar konjak, yang berasal dari Asia dan kaya akan serat glukomanan.

5. Barley

Barley, menjadi biji-bijian yang masih terkait erat dengan gandum dan gandum hitam. Tampilannya sendiri, mirip dengan gandum dan memiliki tekstur kenyal, rasanya juga enak. Jumlah kalori barley sendiri, tidak jauh berbeda dengan nasi putih.

Artikel Terkait  Perbedaan Konsep Sinkronik dan Diakronis

6. Oatmeal

Oatmeal, makanan yang sering kita dengar, dan memang sebagai pengganti nasi yang menyehatkan. Kandungannya, bisa mengenyangkan perut, dipengaruhi serat yang ada, secara tinggi. Terdapat, serat larut dan tidak larut dalam membantu pencernaan dan memiliki sifat anti-diabetes.

7. Ubi

Ubi sendiri, menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat, dimana rasa khas manisnya, mampu diolah dalam berbagai cara masak. Dimulai dari digoreng, dikukus, maupun dipanggang. Untuk kandungan satu buah ubi ukuran sedang, mengandung karbohidrat sebanyak 23,61 gram.

8. Jagung

Jagung sendiri, merupakan sayuran yang banyak dijadikan olahan dalam dunia permasakan. Bisa menjadi makanan pokok, maupun lauk. Jagung sendiri, juga bisa disatukam dengan salad. Kandungan 100 gram jagung, meliputi 25 gram karbohidrat dan 3 gram protein. Jagung juga mengandung vitamin C.

9. Oats

Oats, adalah salah satu biji-bijian yang utuh dan sehat, sehingga dengan mengonsumsi oatmeal dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Secangkir oatmeal, mengandung 27 gram karbohidrat, 5 gram proteon, dan 4 gram serat.

10. Beras Merah

Beras merah, biasanya menjadi alternatif seseorang untuk mengonsumsi makanan berat. Selain itu, juga bisa untuk diet, karena kandungan yang ada juga mendukung hal tersebut. Satu cangkir nasi merah yang sudah dimasak, mengandung karbohidrat 36 gram. Selain tinggi serat, juga mengandung antioksidan.

11. Pisang

Pisang, menjadi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, dengan satu buah pisang ukuran sedang, setara dengan 26,9 gram karbohidrat. Pisang juga memiliki kandungan kalium, vitamin A, dan vitamin C yang cukup tinggi.

Masih ada sumber karbohidrat lain selain di atas yang bisa dicoba, Cuma untuk contohnya, sudah dijelaskan di artikel ini, semoga bermanfaat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar