Pengertian Kolesterol, Jenis, Kadar Normal dan Gejala Kolesterol Tinggi

Penyakit kolesterol dapat terjadi tidak hanya pada orang tua saja, tetapi dapat menyerang anak, kenali gejala kolesterol tinggi yang mungkin terjadi dan bagaimana cara untuk mencegahnya.

Apa itu Kolesterol? Dan apa penyebab kolesterol menjadi tinggi? Simak lebih lanjut penjelasan berikut

Pengertian Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh kita, di dalam tubuh, kolesterol diproduksi di dalam hati. Manfaat kolesterol adalah untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, membantu pembentukan dinding sel, serta berperan dalam proses pembentukan beberapa hormon penting dalam tubuh kita.

Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan.

Jenis Kolesterol

Kolesterol sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu High Density Lipoprotein, Low Density Lipoprotein dan Trigliserida.

High Density Lipoprotein

Manusia mengenal HDL sebagai kolesterol baik, HDL merupakan lemak yang dapat membantu membersihkan timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. HDL dapat ditingkatkan dengan aktifitas fisik dan menjaga berat badan ideal.

Low Density Lipoprotein

Berkebalikan dengan HDL, LDL merupakan kolesterol jahat yang justru menyebabkan timbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Lemak jahat ini bisa terjadi akibat kebiasaan buruk seperti merokok, kurang olahraga, obesitas serta mengalami diabetes.

Trigliserida

Trigliserida adalah lemak triester dari gliserol yang digunakan sebagai cadangan energi. Lemak ini tidak digunakan oleh tubuh sehingga disimpan dalam trigliserida, saat energi utama tubuh yaitu glukosa habis, maka trigliserida mengambil peran untuk diubah tubuh menjadi energi.

Karena tidak dibutuhkan secara alami, trigliserida didapatkan dari konsumsi makanan yang kita makan setiap harinya.

Kadar Normal Kolesterol

pengertian kolesterol jenis kadar normal gejala dan pencegahan

Pada manusia kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 mg/dl, nilai kolesterol tinggi didapat jika kadar kolesterol mencapai 240 mg/dl. Kadar normal kolesterol sendiri merupakan penjumlahan dari ketiga jenis kolesterol dalam tubuh di atas.

Artikel Terkait  Perbedaan Gas Oksigen Medis dan Industri

Kadar normal kolesterol baik untuk pria dan wanita dewasa berbeda, laki-laki dewasa memiliki kadar HDL maksimal 40 mg/dl, sementara untuk perempuan dewasa kadar kolesterol baiknya adalah 50 mg/dl.

Kadar kolesterol jahat/LDL dalam darah sebaiknya ada di bawah 100 mg/dl baik untuk perempuan maupun laki-laki. Nilai 100-129 mg/dl dikategorikan sebagai waspada dan nilai 130 mg/dl ke atas dianggap beresiko tinggi kolesterol

Sementara kadar trigliserida dalam darah nilai idealnya berkisar antara 60 hingga 150 mg/dl, ketiga kadar kolesterol di atas baik HDL, LDL dan trigliserida sebaiknya kurang dari 200 mg/dl. Itulah kadar kolesterol normal dalam darah kita.

Gejala Kolesterol Tinggi

Untuk mengukur kadar kolesterol perlu dilakukan pengambilan sampel darah yang kemudian diperiksa di laboratorium, klinik ataupun rumah sakit. Biaya cek kadar kolesterol sendiri berkisar antara 250 ribuan.

Selain itu kita harus berpuasa selama 12 jam sebelum melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dan hanya diijinkan meminum air putih. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko pembacaan data yang kurang valid akibat konsumsi makanan hewani sebelum pemeriksaan. Namun ada beberapa gejala kolesterol tinggi yang bisa kita amati, seperti

Rasa Nyeri di Dada

Jika anda sering merasakan rasa nyeri di dada bagian kiri secara tiba-tiba, bisa jadi hal tersebut adalah pertanda gejala kolesterol tinggi yang menyebabkan timbulnya plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis.

Plak tersebut dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Selain itu rasa nyeri di dada bisa terjadi karena kurangnya pasokan oksigen dalam jantung sehingga jantung harus bekerja lebih keras memenuhi pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

Sering Kesemutan

Kesemutan atau kebas yang terjadi pada tangan dan kaki juga bisa disebabkan tingkat kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Hal ini karena tumpukan kolesterol dapat menyebabkan gangguan pada saraf tepi yang menghasilkan sensasi kebas.

Artikel Terkait  Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Mudah Lelah dan Mengantuk

Selepas bekerja tentu kita merasa lelah dan mengantuk, tetapi jika satu dua tahun terakhir rasa itu terjadi lebih sering dengan beban kerja yang kurang lebih sama dengan dua tahun sebelumnya, bisa jadi ada gejala kekurangan pasokan oksigen pada otak yang menyebabkan rasa lelah dan mudah mengantuk.

Kurangnya pasokan oksigen ini bisa jadi karena timbunan plak yang diakibatkan oleh kolesterol jahat dalam tubuh kita.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Untuk mencegah kolesterol tinggi dalam darah, kita perlu menjalani gaya hidup sehat, rutin berolahraga, menghindari kebiasaan buruk seperti begadang, merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan kolesterol, jenis makanan yang dikonsumsi pun perlu kita perhatikan, junk food, biskuit, keju, susu, memiliki kandungan gula dan lemak tinggi. Cobalah mengkonsumsi sayuran, buah-buahan kaya serat, nasi merah atau susu skim dan susu rendah lemak seperti Anlene Gold Plus.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar